Pages

Subscribe:

Jumat, 19 Oktober 2012

Hebat! Otak Tetap Bekerja Meski Sedang Tidur Siang

Banyak orang mengatakan ia bisa berpikir lebih baik setelah tidur siang. Kini peneliti berhasil menemukan penyebabnya, ini karena otak tetap bekerja meski tengah tidur siang. Hebat!

Sebuah studi yang melibatkan 15 orang partisipan menemukan ketika seseorang tengah beristirahat, misalnya tidur siang maka belahan otak kanan berbicara dengan dirinya sendiri dan juga belahan otak kiri.

"Temuan ini menunjukkan belahan otak kanan melakukan hal-hal penting dalam keadaan istirahat, seperti tidur siang," ujar Andrei Medvedev dari Center for Functional and Molecular Imaging di Georgetown University Medical Center, seperti dikutip dari HealthDay, Jumat (19/10/2012).

Kegiatan yang dilakukan oleh belahan otak kanan selama istirahat ini bisa melamun atau memproses dan menyimpan informasi yang didapatkan sebelumnya, karena itu tak jarang seseorang bisa mengingat sesuatu yang dilupa sebelumnya atau pikirannya jadi lebih baik setelah tidur siang.

Meskipun orang yang dominan tangan kanan lebih besar menggunakan bagian otak belahan kiri dan orang kidal lebih mengandalkan belahan otak kanan. Tapi kondisi ini bisa terjadi pada orang yang dominan tangan kanan atau pun kidal.

Medvedev menuturkan otak bisa melakukan beberapa pengelompokan data dan memperkuat kenangan. Hal ini semakin menunjukkan kekuatan dari tidur siang. Temuan ini rencananya akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Society for Neuroscience.

Beberapa studi sebelumnya telah menemukan tidur siang bisa memberikan relaksasi, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kinerja termasuk reaksi yang lebih cepat serta menurunkan tekanan darah.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari tidur siang, sebaiknya tidur selama 10-30 menit. Ini karena semakin lama tidur bisa membuat orang makin pusing saat bangun. Setelah tidur siang, pastikan memberi sedikit waktu bagi tubuh untuk beradaptasi sebelum melanjutkan kegiatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Logo Design by FlamingText.com